top of page

Ayam Goreng Kalasan

Diperbarui: 5 Jun


Ayam Goreng Kalasan: Kisah Panjang Makanan Legendaris yang Bikin Lidah Bergoyang

Hai sahabat bante! Kalian semua pasti udah pada tau sama makanan legendaris yang satu ini Ayam Goreng Kalasan. Kalo belum tau, bener-bener nih, Kalian ketinggalan banget deh! Ini bukan cuma ayam goreng biasa, tapi ayam goreng yang bikin kamu ngerasa kayak lagi nyamperin surga, beneran! Nah, di artikel kali ini, Kita bakal ceritain sejarah dan segala rahasia enaknya ayam goreng Kalasan yang udah bikin banyak orang jatuh hati.


Ayam Goreng Kalasan Kenyataan di Balik Kelezatan

Jadi, ceritanya, ayam goreng Kalasan ini berasal dari desa kecil yang namanya sama, Kalasan, yang ada di Yogyakarta. Kalian pasti udah ngebayangin suasana desa gitu, kan? Jadi, desa ini punya sejarah yang panjang, terutama di zaman Kerajaan Mataram Kuno. Di masa itu, Kalasan jadi pusat kegiatan keagamaan dan kebudayaan, yang ternyata berpengaruh banget sama perkembangan kuliner di daerah tersebut.


Awal Mula dan Kisah Legenda

Bentar, Kalian tau nggak sih, ayam goreng Kalasan ini awalnya cuma buat raja-raja dan bangsawan aja, loh? Jadi, bukan sembarang ayam goreng yang bisa dinikmati oleh siapa aja. Mereka masaknya juga nggak main-main, pake bumbu-bumbu yang kayaknya dikasih cinta banget deh. Katanya sih, bumbunya tuh rahasia keluarga gitu, jadi nggak sembarang orang bisa nyicipin.


Bumbu Rahasia yang Bikin Nagih

Jadi, apa sih yang bikin ayam goreng Kalasan itu bener-bener spesial? Tentu aja, bumbu-bumbunya! Dari ketumbar, kunyit, jahe, sampe bawang putih, semuanya digiling halus dan digoreng sampe harum. Nah, ayamnya sendiri direndam dalam bumbu-bumbu itu beberapa jam atau bahkan semalam biar rasanya bener-bener meresap. Bukan main-main kan, seriusan!


Terus, proses menggorengnya juga nggak boleh dianggap remeh. Biasanya, ayamnya digoreng dalam minyak yang banyak, di wajan yang dangkal. Jadi, kulit ayamnya jadi renyah dan berwarna kecoklatan, sementara dagingnya tetap juicy dan lembut. Bayangin aja, gimana nikmatnya nyicipin ayam goreng yang garing di luar, tapi juicy banget di dalam. ini bikin lidah kalian jadi ga sabar pengen cobain ayam bangsawan ini.


Perjalanan Menuju Ketenaran

Seiring berjalannya waktu, ayam goreng Kalasan pun semakin populer dan menjadi salah satu ikon kuliner khas Yogyakarta. Gak cuma di desa Kalasan aja, tapi di mana-mana di Indonesia, kalian bisa nemuin ayam goreng Kalasan dengan mudah. Bahkan, beberapa restoran Indonesia di luar negeri juga menyajikan hidangan ini sebagai salah satu menu andalannya. Jadi, bukan cuma raja-raja doang yang bisa nikmatin, tapi semua orang!


Inovasi dalam Kuliner Tradisional

Tapi, Kalian tau nggak sih, meskipun udah jadi legenda kuliner, ayam goreng Kalasan ini juga ngalamin berbagai inovasi, loh! Ada yang nambahin varian rasa, ada yang nambahin topping kreatif, pokoknya macem-macem deh! Tapi, intinya, rasanya yang autentik tetap terjaga. Jadi, walau udah ada variasi baru, ayam goreng Kalasan tetap punya tempat istimewa di hati para pecinta kuliner.


Melibatkan Wisata dan Budaya

Gak cuma soal makanan aja, tapi ayam goreng Kalasan juga punya peran penting dalam mempromosikan kebudayaan dan pariwisata di Yogyakarta. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Yogyakarta nggak cuma buat main ke candi atau pantai aja, tapi juga buat nyobain kuliner khasnya. Dan tentunya, ayam goreng Kalasan jadi salah satu makanan wajib yang harus mereka coba!


Ayam Goreng Kalasan, Cita Rasa yang Bikin Ketagihan

Jadi, buat kalian yang belum pernah nyicipin ayam goreng Kalasan, buruan deh! kalian bakal ngerasain sensasi unik yang nggak bakal di dapetin dari makanan lain. Dan buat yang udah pernah, yuk, coba lagi! Nggak ada salahnya kan, nyari sensasi baru dari makanan favorit? Ayam goreng Kalasan bukan cuma makanan biasa, tapi juga potongan sejarah dan budaya yang nggak bisa dipisahkan dari Yogyakarta. Jadi, jangan ragu lagi buat cobain ayam goreng Kalasan. Pasti bakal bikin lidah dan perut kalian bahagia selamanya!


Nah, Bante Lovers yang lagi pengen masak ayam goreng Kalasan di rumah, kta punya resep asli dari dapur nenek moyang nih. Gak pake ribet, gampang banget, dan tentunya bikin lidah bergoyang!


Bahan-bahan:

1. Ayam potong sesuai selera

2. 6 siung bawang putih

3. 4 siung bawang merah

4. 2 ruas jahe

5. 1 ruas kunyit

6. 1 sdm ketumbar

7. Garam secukupnya

8. Gula secukupnya

9. Air asam secukupnya

10. Air secukupnya

11. Minyak untuk menggoreng


Langkah Pembuatan:

1. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan ketumbar dengan blender atau ulekan. Kalau mau yang lebih bantet, bisa pakai blender aja, gampang kok!

2. Campurkan bumbu yang udah dihalusin tadi dengan air asam, garam, dan gula secukupnya. Aduk rata sampe bumbu-bumbu itu meresap betul. Ini dia rahasia kenapa ayam goreng Kalasan itu enak banget, karena bumbunya meresap sampai ke tulang!


3. Rendam ayam yang udah dipotong-potong dalam bumbu yang udah kamu siapin tadi. Biarkan ayam meresap dalam bumbu selama minimal 2 jam, atau kalo bisa semalaman. Makin lama direndam, makin enak rasanya!


4. Setelah ayam meresap, panaskan minyak dalam wajan yang cukup banyak. Jangan pelit minyak ya, biar ayamnya bisa kegoreng semua dan kulitnya jadi kriuk banget!


5. Goreng ayam dalam minyak panas sampai kecoklatan dan matang sempurna. Ini waktu yang paling ditunggu-tunggu, karena baunya itu loh, bikin ngiler banget!


6. Angkat ayam goreng Kalasan yang udah mateng, tiriskan dari minyak, dan sajikan deh selagi panas. Siap disantap bareng nasi hangat dan sambel favorit!


Gimana, gampang kan? Gak perlu jadi chef profesional buat bisa masak ayam goreng Kalasan yang lezat ini. Jadi, yuk buruan belanja ke bante foodz dan dapatkan semua bahan bahan nya disana, ada banyak promo dan cashback lhoo, dan buktikan kalau kamu juga bisa bikin ayam goreng Kalasan yang enak banget dari produk kita! Selamat mencoba!



2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page