top of page

Si kecil Picky Eater

Panduan Menghadapi Si Picky Eater


Halo bante lovers! Kita semua pasti punya nih teman atau keluarga yang bisa bikin ribet di meja makan. Ya, mereka yang dikenal sebagai "si picky eater" atau si kresi makanan. Mungkin kamu juga salah satunya, nggak suka makan sayur atau malah ogah makan makanan yang teksturnya aneh-aneh.


Si picky eater ini bisa jadi bikin momen makan jadi tegang atau bikin pusing mencari tahu apa yang harus dimasak. Tapi tenang, nggak usah panik dulu! Dalam artikel ini, kita bakal bahas kenapa si kresi makanan muncul dan tips-tips santai untuk menghadapinya.


Kenapa Si Picky Eater Ada?

Jadi, apa sih sebabnya ada orang yang jadi picky eater? Banyak faktor bisa jadi penyebabnya. Salah satunya adalah pengalaman makan masa kecil. Misalnya, dulu pernah punya pengalaman kurang menyenangkan dengan makanan tertentu, bisa bikin seseorang jadi ogah makan makanan itu lagi di masa depan.


Selain itu, faktor genetik juga bisa jadi pemicu. Yup, bener banget, kadang-kadang kita punya kecenderungan genetik untuk lebih sensitif terhadap rasa atau tekstur makanan tertentu.

apa sih faktor-faktor yang bikin anak jadi picky eater? Yuk, kita bahas!


1. Pengalaman Masa Kecil

Saat kita masih balita, pengalaman kita dengan makanan bisa berdampak besar. Misalnya, jika kita pernah makan sesuatu yang bikin mual atau sakit perut, bisa jadi kita jadi enggan coba lagi.


2. Tingkat Kesenangan

Kita cenderung makan makanan yang kita suka, kan? Nah, kadang kita lebih memilih makanan yang kita tahu enak daripada makanan baru yang belum pernah kita coba.


3. Tekanan Lingkungan

Kadang, tekanan dari orang tua atau teman-teman bisa bikin kita jadi lebih memilih-milih soal makanan. Misalnya, kalau teman-teman di sekitar kita suka ngejudge soal makanan, kita bisa jadi lebih was-was buat coba hal baru.


4. Kebiasaan

Kita makannya selalu sama-sama bisa bikin kita jadi terlalu nyaman dengan makanan-makanan itu dan enggan mencoba yang baru.


5. Sensitivitas Terhadap Tekstur dan Rasa

Beberapa orang lebih sensitif terhadap tekstur atau rasa tertentu dalam makanan. Misalnya, ada yang enggan makan sayuran karena nggak suka teksturnya yang kasar.


6. Kondisi Kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan seperti gangguan pencernaan atau alergi makanan bisa membuat seseorang menjadi picky eater.


Jadi, jangan langsung judge ya kalau kamu ketemu picky eater. Bisa jadi ada alasan di balik kenapa mereka milih-milih soal makanan. Yang penting, mari saling menghargai preferensi makanan masing-masing!


"Ngadepin Si Picky Eater: Tips Buat Kamu yang Kesel Gara-gara Makanan"

Nah bante lovers! Pasti pernah kan ngalamin momen kesel karena temen atau keluarga kamu yang super picky soal makanan? Bikin rencana makan jadi ribet, nggak bisa asal pilih tempat makan, pokoknya bikin mood jadi kacau. Tapi, tenang aja, ada beberapa trik yang bisa kamu coba biar nggak kepikiran terus dan makanan jadi momen yang lebih asik. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Kompromi soal menu makanan

Pertama-tama, penting banget nih buat bisa kompromi sama si picky eater. Cobain dengerin juga apa yang dia suka dan nggak suka. Mungkin kamu bisa cari restoran yang punya variasi menu yang cocok buat semuanya. Atau, kalau lagi makan bareng di rumah, bisa bikin makanan yang bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing.


2. Ajak Dia Buat Coba-coba

Daripada ngasih label "picky eater" mulu, lebih baik ajak dia buat coba-coba makanan yang baru. Siapa tahu ada makanan yang sebenernya dia suka tapi belum pernah dicoba. Bisa juga kamu bikin acara masak-masakan bareng, jadi bisa lebih nyaman buat eksplorasi makanan baru.


3. Jangan Jadi Juri

Kadang kita suka jadi juri buat makanan orang lain, tapi inget ya, setiap orang punya selera makan yang berbeda-beda. Jadi, hindarin deh ngasih komentar yang negatif soal makanan yang dia pilih. Lebih baik fokus sama momen makan bareng dan nikmatin keseruannya.


4. Kasih Pilihan yang Jelas

Kalau lagi plan mau makan di luar atau masak di rumah, kasih pilihan yang jelas buat si picky eater. Misalnya, tanya dulu mau makan apa atau ada preferensi makanan tertentu nggak. Dengan begitu, dia bakal lebih nyaman dan nggak bingung.


5. Hormati Preferensinya

Meskipun kita pengen banget dia buka luas soal makanan, tapi tetap harus menghormati preferensi makanan si picky eater. Jangan dipaksain terus, ya. Toh, setiap orang punya hak buat milih makanan yang mereka suka.


6. Jadilah Contoh yang Baik

Terakhir, jadilah contoh yang baik dengan sikap yang positif terhadap makanan. Kalau kamu bisa menikmati berbagai macam makanan tanpa ribet, bisa jadi inspirasi buat si picky eater buat lebih terbuka sama makanan-makanan baru.


Oke, mari kita kreasikan beberapa menu yang cocok untuk si picky eater! Kita coba pilih bahan-bahan yang umumnya disukai banyak orang dan variasi masakan yang bisa disesuaikan dengan preferensi mereka. Yuk, langsung aja kita mulai:


1. Pasta Penne dengan Saus Tomat dan Daging Cincang

Bahan:

- Pasta penne

- Saus tomat siap pakai atau buatan sendiri

- Daging cincang (bisa sapi atau ayam)

- Bawang putih, bawang bombay, dan paprika (opsional)

- Keju parmesan parut untuk taburan


Cara Membuat:

1. Rebus pasta penne sesuai petunjuk di kemasan. Sementara itu, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.

2. Masukkan daging cincang dan tumis hingga matang. Tambahkan potongan paprika jika suka.

3. Tuang saus tomat ke dalam tumisan daging dan biarkan mendidih sebentar.

4. Setelah pasta matang, tiriskan dan campur dengan saus tomat dan daging. Aduk rata.

5. Taburi dengan keju parmesan parut sebelum disajikan.


2. Sandwich Ayam Panggang dengan Selada dan Tomat

Bahan:

- Roti sandwich

- Dada ayam fillet

- Daun selada

- Tomat, iris tipis

- Mayones dan mustard (opsional)

- Keju cheddar (opsional)


Cara Membuat:

1. Panggang dada ayam fillet hingga matang dan berwarna kecokelatan.

2. Ambil dua lembar roti sandwich, oleskan mayones dan mustard jika suka.

3. Letakkan potongan dada ayam panggang di atas satu lembar roti, tambahkan irisan tomat dan daun selada.

4. Bila suka, tambahkan irisan keju cheddar.

5. Tutup dengan roti yang satunya lagi dan potong menjadi dua.


3. Omelet dengan Sayuran dan Keju

Bahan:

- Telur

- Sayuran (pilihan bisa wortel, paprika, bawang bombay)

- Keju parut

- Garam dan lada secukupnya

- Minyak goreng


Cara Membuat:

1. Kocok telur dalam mangkuk besar dan tambahkan garam serta lada secukupnya.

2. Potong sayuran sesuai selera, kemudian tumis sebentar hingga matang tapi masih renyah.

3. Tuangkan telur ke dalam wajan yang sudah dipanaskan dengan sedikit minyak. Tunggu hingga bagian bawahnya mengeras.

4. Taburkan sayuran dan keju parut di atas telur.

5. Lipat omelet menjadi dua dan biarkan sebentar hingga keju meleleh.

6. Angkat dan sajikan hangat.


Semoga resep-resep ini bisa membantu membuat makanan yang disukai oleh si picky eater! Kamu bisa mengkreasikan variasi dari resep-resep di atas sesuai dengan preferensi dan selera mereka. Selamat mencoba Bante Lovers!


Nah, bagi yang masih bingung gimana caranya mengatasi si picky eater di sekitarmu, jangan khawatir! Ada produk yang bisa jadi solusi buat kamu. Kenalan yuk sama "Bante Foodz" toko daging yang seratus persen halal dan berkualitas yang dirancang khusus untuk menjembatani kesenjangan antara preferensi makanan dan pecinta daging sapi, selain perdagingan di toko ini kita juga mempunyai produk lain nya seperti berbagai jenis potongan ayam, seafood dan makanan beku lain nya.


Dengan berbagai pilihan daging dan tekstur makanan yang disukai oleh anak-anak maupun dewasa, Bante Foodz bisa menjadi solusi praktis untuk keluarga yang memiliki anggota picky eater. Kamu bisa mendapatkan produk ini di Jakarta barat Pos Pengumben atau langsung pesan online di situs kita Tokopedia, Jadi, nggak perlu panik atau kesel banget ngadepin si picky eater. Dengan sedikit pengertian dan kesabaran, kamu bisa bikin momen makan jadi lebih menyenangkan buat semuanya. Yuk, mulai praktikin beberapa tips di atas dan resep dari kita bante foodz, jadikan momen makan sebagai waktu yang menyenangkan bareng teman dan keluarga!





2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page