top of page

Tips dan Trik Mencuci Ayam dengan Benar

Diperbarui: 16 Mei


cara cuci ayam
cara cuci ayam

"Dalam dunia kuliner, mencuci ayam adalah langkah yang penting untuk memastikan kebersihan dan keselamatan pangan. Namun, tahukah Anda bahwa cara mencuci ayam yang benar memiliki peran besar dalam mencegah penyebaran bakteri dan kontaminan lainnya? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tips dan trik penting untuk mencuci ayam dengan benar, sehingga Anda dapat memastikan hidangan Anda tidak hanya lezat, tetapi juga aman untuk disantap."


Bahaya ketika mencuci daging ayam tidak teliti, Kali ini ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui ketika sedang membersihkan Ayam mentah.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membersihkan Daging Ayam:


Cuci Tangan Dengan Bersih

Halo Bante Lovers! 🌼

Kalian pasti setuju, ya, kalau kebersihan tangan itu penting banget. Apalagi buat para ibu muda yang super sibuk dan aktif. Nah, biar tangan tetap bersih dan sehat, yuk simak tips mencuci tangan yang benar!

1. Basahi Tangan dengan Air Mengalir Mulai dengan membasahi tangan pakai air mengalir. Air dari keran yang mengalir itu bisa membantu menghilangkan kotoran pertama dari tangan kita.

2. Gunakan Sabun Jangan pelit pakai sabun, ya! Sabun itu kunci utama buat mengangkat dan menghilangkan kuman. Gosok-gosok sabun di seluruh bagian tangan, termasuk sela-sela jari, ya.

3. Durasi yang Tepat Cuci tangan itu idealnya selama 20 detik. Bisa sambil nyanyi “Happy Birthday” dua kali loh, biar lebih asyik.

4. Bilas dengan Baik Setelah itu, bilas tangan dengan air mengalir sampai bersih. Pastikan nggak ada lagi busa sabun yang menempel.

5. Keringkan dengan Handuk Bersih atau Tisu Setelah bilas, keringkan tangan pakai handuk bersih atau tisu. Jangan lupa ganti handuknya secara berkala, ya.

6. Pakai Hand Sanitizer Kalau lagi di luar dan nggak ada air, hand sanitizer bisa jadi penyelamat. Pilih yang mengandung alkohol minimal 60% ya, Bante Lovers.

7. Jangan Sentuh Wajah Setelah tangan bersih, hindari menyentuh wajah sebelum cuci tangan lagi, ya. Ini penting banget buat mencegah penyebaran kuman.

Nah, itu dia tips cuci tangan yang benar. Yuk, jaga kebersihan tangan untuk kesehatan kita semua. Tetap semangat dan ceria, Bante Lovers! 💦🌸


Buang Bagian Ayam Yang Tidak Di inginkan

Kali ini kita bakal ngomongin soal daging. Iya, daging yang sering bikin masakan jadi lebih nikmat itu. Tapi, ada kalanya kita perlu membuang bagian daging yang nggak diinginkan. Nah, buat para ibu muda yang selalu ingin yang terbaik buat keluarga, yuk simak cara buang bagian daging yang nggak kita butuhkan!

1. Kenali Bagian Daging Pertama-tama, kenali dulu bagian daging yang mau kita buang. Biasanya sih, yang nggak diinginkan itu lemak berlebih atau urat yang keras. Jadi, pastikan mata kita jeli ya, Bante Lovers.

2. Gunakan Pisau yang Tajam Pisau tumpul? No way! Pisau yang tajam itu kunci buat memotong daging dengan bersih dan cepat. Plus, nggak bikin kita capek.

3. Potong dengan Teknik yang Benar Potong daging melawan seratnya biar lebih mudah dipisahkan. Dan ingat, gerakan harus satu arah, jangan bolak-balik.

4. Bersihkan Daging dengan Air Dingin Setelah dipotong, cuci daging dengan air dingin. Ini bisa membantu menghilangkan sisa darah atau kotoran yang masih menempel.

5. Keringkan Sebelum Masak Sebelum daging masuk ke wajan, pastikan daging sudah kering. Gunakan tisu dapur untuk menyerap airnya. Ini penting biar daging bisa matang sempurna.

6. Simpan Sisa Daging dengan Baik Kalau ada sisa daging yang masih bagus, simpan di freezer dengan wadah yang tertutup rapat. Jangan sampai terbuang sia-sia, ya.

7. Praktikkan Zero Waste Dan yang terakhir, praktikkan zero waste. Bagian daging yang nggak diinginkan itu bisa kok diolah jadi kaldu yang lezat. Jadi, jangan buru-buru dibuang.

Itu dia, Bante Lovers, tips buang bagian daging yang nggak diinginkan. Selalu ingat, kebersihan dan kesehatan itu nomor satu. Semoga tips ini bermanfaat dan bikin masakan kalian makin joss! Sampai jumpa di tips selanjutnya. Tetap semangat dan sehat selalu! 💪🥘


Bilas Ayam Air Dingin

Kali ini kita bakal ngobrolin soal sesuatu yang sering banget kita lakuin di dapur, tapi kadang masih suka bikin bingung: “Harus nggak sih bilas ayam dengan air dingin?”

Yuk, kita bahas dengan gaya santai ala ibu muda yang gaul abis!

1. “To Rinse or Not to Rinse?” Pertama-tama, ada yang bilang harus bilas, ada juga yang bilang nggak perlu. Tapi, biar kita semua clear, bilas ayam itu penting buat menghilangkan kotoran atau sisa darah yang mungkin masih menempel.

2. Air Dingin adalah Sahabat Ayam Nah, kalau udah memutuskan buat bilas, pastikan pakai air dingin ya, Bante Lovers. Air panas malah bisa bikin bakteri pada ayam berpesta pora. Brrr… kita nggak mau itu terjadi, kan?

3. Bilas dengan Cepat Cukup alirkan air dingin ke seluruh bagian ayam, dan jangan lama-lama. Kita nggak mau ayamnya kedinginan juga, kan? 😄

4. Jangan Semprotkan Airnya Kemana-mana Saat bilas ayam, usahakan airnya nggak muncrat kemana-mana. Kita nggak mau bakteri ayamnya ikutan jalan-jalan di dapur kita.

5. Keringkan dengan Tisu Dapur Setelah bilas, tepuk-tepuk ayam dengan tisu dapur sampai kering. Ini penting biar bumbu atau marinasi bisa nempel dengan sempurna.

6. Langsung Masak atau Simpan dengan Baik Setelah kering, langsung masak ayamnya atau simpan di kulkas dengan wadah yang tertutup rapat. Jangan biarkan ayam nganggur terlalu lama di luar, ya.

7. Bersihkan Area Dapur Last but not least, bersihkan area dapur setelah bilas ayam. Pastikan semua bersih dan higienis kembali.

Nah, itu dia tips bilas ayam dengan air dingin ala Bante Lovers. Ingat, kebersihan itu sebagian dari iman, dan tentunya dari dapur juga, hehe. Semoga tips ini bermanfaat dan bikin aktivitas masak kalian makin menyenangkan. Sampai ketemu di tips dapur selanjutnya. Tetap ceria dan sehat, ya! 🌟👩‍🍳


Keringkan Ayam Dengan Handuk Dapur

Ketemu lagi nih sama tips dapur yang nggak kalah pentingnya, yaitu soal keringkan daging ayam. Kita semua tahu, setelah bilas ayam, langkah selanjutnya itu keringin, dong. Tapi, gimana sih caranya yang bener? Yuk, kita bahas dengan gaya santai yang pasti cocok buat ibu muda kekinian!

1. Siapkan Handuk Dapur yang Bersih Pertama-tama, siapin handuk dapur yang bersih dan kering. Pastikan handuknya itu spesial buat dapur ya, jangan sampai kecampur sama handuk lain.

2. Tepuk-tepuk Ayamnya Setelah ayamnya dibersihkan, tepuk-tepuk pelan dengan handuk dapur. Ini buat menyerap air yang berlebihan. Ingat, jangan digosok ya, nanti dagingnya bisa rusak.

3. Ganti Handuk jika Perlu Kalau handuknya udah mulai basah, ganti dengan yang baru. Biar proses penyerapan airnya maksimal.

4. Biarkan Udara Mengeringkan Sisanya Setelah tepuk-tepuk, biarkan ayamnya sebentar di udara terbuka. Tapi jangan lama-lama, cukup beberapa menit aja.

5. Simpan dengan Baik Kalau udah kering, simpan ayam di wadah yang tertutup rapat atau langsung marinasi buat dimasak.

6. Jaga Kebersihan Setelah pakai, langsung cuci handuk dapurnya ya, Bante Lovers. Biar dapur kita tetap higienis dan siap buat aksi selanjutnya.

Nah, gampang kan? Dengan cara keringkan ayam yang bener, masakan kita bakal lebih sehat dan lezat. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan resep-resep selanjutnya. Tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu bahagia, Bante Lovers! 🌟👩‍🍳


Gimana nih tips and trik nya? semoga bisa membantu kalian ya, Bagi kalian yang mencari ayam atau berbagai jenis potongan daging lainnya Bante Foodz Menyediakan produk produk tersebut lho.. kita juga menjual berbagai macam makanan beku lainnya seperti seafood dan snackfood, langsung aja kepoin produk kita di tokopedia atau bisa mampir ke instagram @bantefoodz Sampai jumpa di artikel selanjutnya.





4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page